Subscribe to RSS
267b5efc5c46c55bda621b582242b5e7

Ketua RTA Aceh: Subulussalam, Kota Kerukunan Beragama Seperti Madinah

Tgk Hasbi Alyuni

Tgk Hasbi Alyuni

Sebuah kesempatan berharga bagi tim salamberita untuk dapat bertemu langsung dengan Tgk. Hasbi Albayuni, Ketua umum RTA (Rabitah Taliban Aceh), dan melakukan wawancara khusus dengan beliau.

Berikut ini merupakan ulasan singkat dari wawancara tersebut:

Bagaimana seharusnya masyarakat islam, khususnya yang berada di Kota Subulussalam dalam menyikapi perbedaan beragama, mengingat perayaan Natal akan terlaksana besok (hari ini-red)?

Saya rasa sikap Tasamuh atau toleransi kita dalam beragama sudah cukup jelas tertera dalam Alquran yaitu pada ayat-ayat Q.S Al-Kafirun.

Dapat kita pahami bahwa Allah SWT memerintahkan kepada Nabi Muhammad SAW dan kaum muslimin untuk tidak ikut-ikutan dalam peribadatan agama lain karena Islam punya batasan-batasan tertentu dalam beribadah dan berkeyakinan.

Namun juga tidak memaksakan ajaran islam kepada mereka, karena bagi mereka agama mereka, dan bagi kita agama kita.

Dan mereka juga harus menjaga agar pada saat mereka melaksanakan ibadah tidak bersinggungan dengan pelaksanaan syariat.

Apa langkah strategis yang dilakukan ulama dalam penegakan islam di perbatasan?

Nah, saat ini di Aceh sudah ada UU penerapan syariat islam yang mengatur keistimewaan agama, adat istiadat, dan pendidikan.

MPU dan unsur lembaga Islam lainnya hanyalah salah satu perangkat syariat, yang sudah tentu punya tugas tersendiri sesuai yang tertuang dalam qanun no 2 tahun 2009, diantaranya memberikan pertimbangan kepada pemerintah selaku pengambil kebijakan, terutama terhadap kebijakan tentang pelaksanaan syariat islam.

Pemerintah melalui Dinas Syariat Islamlah yang akan mengambil langkah strategis dalam peningkatan syariat Islam diperbatasan.

Tentunya perbatasan mesti diutamakan dari daerah lain karena beberapa pertimbangan, seperti: sebagai pintu masuk wilayah Aceh, jauh dari ibukota provinsi, kurangnya fasilitas pendukung syariat Islam dan berbagai hal lainnnya.

MTQ Provinsi akan dilaksanakan di Subulussalam, apakah ini diharapkan sebagai salah satu unsur dakwah?

MTQ sebagai syi’ar Islam tentunya menyampaikan pesan-pesan dakwah dengan penuh hikmah dan mau’izah hasanah misalnya dengan mengangkat tema tentang pentingnya sikap toleransi beragama sebagai mana yang pernah digagas Rasulullah dalam piagam Madinah 14 abad yang lalu.

Kala itu Madinah begitu rukun dalam kehidupan antar umat beragama, tentram dan damai sehingga menjadi almadinatu Al-Munawarah yaitu kota yang cemerlang cahaya.

Apa pesan dan kesan Tgk terhadap kota Subulussalam.

Harapan kita semua Kota Subulussalam dapat menjadi seperti Madinah dalam kehidupan beragama.

Tentunya kerjasama Pemko, Legislatif, Ulama, Santri, dan masyarakat Subulussalam sangat diharapkan terwujud dalam peningkatan syariat Islam.

Dan sebenarnya kita punya ‘banyak jalan keluar supaya tidak keluar jalan’, ujar Tgk Hasbi.

RTA Subulussalam

Senada dengan penjelasan ketua RTA Aceh, Abdullah S.Pdi selaku Rais ‘am RTA kota Subulussalam menjelaskan bahwa saat ini kerukunan beragama di Kota Subulussalam berjalan dengan baik, dan itu telah dimulai sejak dulu karena semua pihak menghargai dan mengetahui batasan masing-masing.

Belum ditemukan adanya aksi-aksi pengrusakan yang dilakukan oleh pihak manapun.

Menyambut pelaksanaan MTQ yang akan segera dilaksanakan di Subulussalam, kita berharap ini murni menjadi urusan dakwah dan jauh dari unsur-unsur bisnis.

Semoga julukan Kota Subulussalam sebagai kota Madinah dapat kita wujudkan

(indra YP).

Comments

comments

0 comments

Other articlesgo to homepage

Wakil ketua DPRK Razali : Selamat 99,95% Siswa kota Banda Aceh lulus UN

Wakil ketua DPRK Razali : Selamat 99,95% Siswa kota Banda Aceh lulus UNComments Off

Seluruh siswa SMA Negeri di Banda Aceh lulus 100 persen. Hanya dua siswa SMA swasta yang gagal. Sedangkan siswa SMK tercatat ada empat yang tidak lulus. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Banda Aceh, Syaridin, menyebut total tingkat kelulusan SMA/MA/SMK di Banda Aceh seluruhnya mencapai 99,95 persen. Wakil ketua DPRK  Banda Aceh  Razali, SAg 

Penetapan Kursi DPRA : PDIP 0

Penetapan Kursi DPRA : PDIP 0Comments Off

Independen Pemilihan (KIP) Aceh menggelar rapat pleno penetapan Kursi Dewan perwakilan rakyat Aceh (DPRA), hasil pemilu legislatif 9 April 2014 lalu. Hasilnya tidak berbeda dengan perolehan kursi yang diberitakan oleh sejumlah media beberapa waktu lalu, dimana partai Aceh memperoleh kursi terbanyak yang mencapai 29 Kursi, sedangkan PDIP yang sudah dipastikan memenangkan pemilu secara Nasional justru

Juma Sampuran Bergumul dengan Kemiskinan

Juma Sampuran Bergumul dengan KemiskinanComments Off

Salamberita.com- Subulussalam ,Senin (3/2/2014), cuaca pagi menjelang siang sudah lumayan terik. Hawa panas yang begitu menyengat hingga 33 derajat celcius mendatangkan gerah hingga membuat keringat di tubuh meleleh. Mentari pada hari itu memang sedang begitu “garang” meluapkan cahayanya. Namun, suasana di sepanjang jalan menuju Juma Sampuran, Desa Penuntungan, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam terasa adem. Sebab,

DPRK Banda Aceh Agendakan Pengesahan Qanun Pengendalian Menara Telekomunikasi

DPRK Banda Aceh Agendakan Pengesahan Qanun Pengendalian Menara TelekomunikasiComments Off

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh menjadwalkan pengesahan tiga rancangan qanun pada Kamis 16 Januari 2014 mendatang. Ketiga rancangan qanun tersebut masing-masing, Raqan tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi, Raqan retribusi penyediaan dan penyedotan jamban serta Raqan susunan organisasi dan tata kerja badan layanan umum daerah rumah sakit umum Meuraksa kota Banda Aceh. Hal itu

Mendagri Warning Dana Wali Nanggroe

Mendagri Warning Dana Wali NanggroeComments Off

BANDA ACEH – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam klarifikasinya terhadap RAPBA 2014 mengingatkan Gubernur Aceh dan DPRA agar menyesuaikan lebih dulu substansi isi Qanun Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe dengan surat klarifikasi Mendagri Nomor 188.34/1644/SJ 2012 tanggal 1 April 2013. Setelah sesuai, barulah anggaran untuk operasional Wali Nanggroe (WN) boleh

read more


Contacts and information

Social networks

Most popular categories

© 2011 SalamBerita.com theme by CV SALAM MEDIA All rights reserved.