Subscribe to RSS
267b5efc5c46c55bda621b582242b5e7

Kronologi Kasus Hambalang

Jakarta – Proyek Hambalang dimulai sekitar tahun 2003. Proyek yang dikabarkan ada dugaan korupsi seperti ‘nyanyian’ M Nazaruddin ini ditargetkan selesai akhir tahun 2012 ini.

Berikut kronologi pembangunan proyek Hambalang dari tahun ke tahun seperti yang disampaikan Sesmenpora Yuni Mumpuni di kantor Kemenpora, Jl Asia Afrika, Senayan, Jakarta, Rabu (30/5/2012). Yuni mengatakan itu sebelum mengajak wartawan ke Hambalang.

Tahun 2003-2004

Pada tahun itu, masih di Direktorat Jenderal (Ditjen) Olahraga Depdikbud. Proyek ini digelontorkan pada tahun itu sesuai dengan kebutuhan akan pusat pendidikan dan pelatihan olahraga yang bertaraf internasional. Selain itu untuk menambah fasilitas olahraga selain Ragunan.

Pada tahun itu direkomendasikan 3 wilayah yaitu Hambalang Bogor, Desa Karang Pawitan, dan Cariuk Bogor. Akhirnya yang dipilih Hambalang.

Tahun 2004

Dilakukan pembayaran para penggarap lahan di lokasi tersebut dan sudah dibangun masjid, asrama, lapangan sepakbola dan pagar.

Tahun 2004-2009

Proyek di Ditjen Olahraga Kemendikbud dipindahkan di Kemenpora. Lalu dilaksanakan pengurusan sertifikat tanah Hambalang tapi tidak selesai.

Tahun 2005

Datang studi geologi oleh konsultan pekerjaan di lokasi Hambalang.

Tahun 2006

Dianggarkan pembuatan maket dan masterplan. Dari rencana awalnya pusat peningkatan olahraga nasional, menjadi pusat untuk atlet nasional dan atlet elite.

Tahun 2007

Diusulkan perubahan nama dari Pusat Pendidikan Pelatihan Olahraga Nasional menjadi Pusat Pembinaan dan Pengembangan Prestasi Olahraga Nasional.

Tahun 2009

Diajukan anggaran pembangunan dan mendapat alokasi sebesar Rp 1,25 miliar.

Tahun 2010

Pada 20 Januari diterbitkan sertifikat hak pakai nomor 60 atas nama Kemenpora dengan luas tanah 312.448 m2. Lalu pada 30 Desember 2010 keluar izin pendirian bangunan.

Lalu pada 2010 juga ada perubahan lagi yakni penambahan fasilitas sarana dan prasarana antara lain bangunan sport sains, asrama atlet senior, lapangan menembak, ekstrem sport, panggung terbuka dan volley pasir dengan dibutuhkan anggaran Rp 1,75 triliun.

Lalu sejak 2009-2010 sudah dikeluarkan anggaran total Rp 675 miliar. Lalu 6 Desember 2010 keluar surat kontrak tahun jamak dari Kemenkeu untuk pembangunan proyek sebesar Rp 1,75 triliun.

Tahun 2012

31 Desember 2012 pekerjaan direncanakan selesai. Lalu penerimaan siswa baru 2013-2014.

Sebelumnya, KPK sudah memeriksa sejumlah saksi terkait penyelidikan Hambalang, mulai dari petinggi PD Ignatius Mulyono, Kepala BPN Joyo Winoto, istri Anas Urbaningrum, Athiyyah Laila, M Nazaruddin, dan juga Menpora Andi Mallarangeng.

2013

Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum akhirnya ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK setelah melalui berbagai macam polemik.

Dalam pidatonya AU mengatakan bahwa kasusnya penuh dengan rekayasa. (Detik)

Comments

comments

0 comments

Other articlesgo to homepage

DPRK Banda Aceh Agendakan Pengesahan Qanun Pengendalian Menara Telekomunikasi

DPRK Banda Aceh Agendakan Pengesahan Qanun Pengendalian Menara TelekomunikasiComments Off

Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh menjadwalkan pengesahan tiga rancangan qanun pada Kamis 16 Januari 2014 mendatang. Ketiga rancangan qanun tersebut masing-masing, Raqan tentang retribusi pengendalian menara telekomunikasi, Raqan retribusi penyediaan dan penyedotan jamban serta Raqan susunan organisasi dan tata kerja badan layanan umum daerah rumah sakit umum Meuraksa kota Banda Aceh. Hal itu

Mendagri Warning Dana Wali Nanggroe

Mendagri Warning Dana Wali NanggroeComments Off

BANDA ACEH – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dalam klarifikasinya terhadap RAPBA 2014 mengingatkan Gubernur Aceh dan DPRA agar menyesuaikan lebih dulu substansi isi Qanun Nomor 8 Tahun 2012 tentang Lembaga Wali Nanggroe dengan surat klarifikasi Mendagri Nomor 188.34/1644/SJ 2012 tanggal 1 April 2013. Setelah sesuai, barulah anggaran untuk operasional Wali Nanggroe (WN) boleh

Foto Ketua Komisi A DPR Aceh Tersungkur Saat Adu Jotos Beredar

Foto Ketua Komisi A DPR Aceh Tersungkur Saat Adu Jotos BeredarComments Off

SINGKIL - Insiden adu jotos yang melibatkan sejumlah pengurus dan kader Partai Aceh (PA) Kabupaten Aceh Singkil, Minggu (22/12/2013) siang, menjadi perbincangan hangat warga. Beberapa foto yang merekam peristiwa di tempat terbuka itu beredar cepat melalui pesan BlackBerry (BBM) dan jejaring sosial lainnya. Satu dari beberapa foto yang beredar itu memperlihatkan Adnan Beuransyah, Ketua Komisi A DPR Aceh

Nasir Jamil Masuk Lima Besar Capres RI Dari PKS Aceh

Nasir Jamil Masuk Lima Besar Capres RI Dari PKS AcehComments Off

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Anis Matta, unggul dalam pemilihan raya (Pemira) calon presiden RI di provinsi Aceh. Sementara anggota DPR RI asal Aceh M Nasir Jamil juga dinyatakan masuk lima besar untuk perolehan suara di Aceh. Pemira capres yang akan diusung PKS pada Pemilu 2014 dilaksanakan secara serentak di 23 Kabupaten/kota diseluruh Aceh,

Gerakan Indonesia Baru Tolak Wali Nanggroe

Gerakan Indonesia Baru Tolak Wali NanggroeComments Off

Salamberita.com, BANDA ACEH – Tidak kurang 200 demonstran yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Baru (GIB) menyatakan penolakannya terhadap keberadaan Wali Nanggroe (WN) dan Qanun Bendera Bintang Bulan di Aceh, dalam unjuk rasa ke Gedung DPRA, Kamis (14/11/2013) siang. Pantauan Serambinews.com, massa yang didominasi tukang becak bersama puluhan kaum ibu yang membawa serta anak-anaknya memulai aksi

read more


Contacts and information

Social networks

Most popular categories

© 2011 SalamBerita.com theme by CV SALAM MEDIA All rights reserved.