Subscribe to RSS
267b5efc5c46c55bda621b582242b5e7

Persiapan MTQ Aceh Capai 80 Persen

mtq-subulussalam

Salamberita.com, SUBULUSSALAM – Jelang pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ ke 31 Provinsi Aceh di Kota Subulussalam yang tinggal sebulan lagi, persiapan berbagai sarana fisik dan non fisik di lapangan dipastikan sudah hampir rampung yakni sekitar 80 persen.

Ketua panitia MTQ ke 31 Aceh, Drs Salmaza kepada Serambi, Selasa (21/5) mengatakan perhelataan yang dijadwalkan mulai digelar Minggu 23 Juni mendatang akan dibuka oleh Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf.

Dikatakan, dalam even keagamaan ini, panitia telah menyiapkan sebanyak 23 titik pemondokan bagi kontingen se Aceh. ”Jadwal tidak berubah lagi dan yang membuka juga dipastikan wakil gubernur, sekarang kemajuan persiapan di lapangan mencapai 80 persen,” kata Salmaza.

Menurut Salmaza, even keagamaan itu nantinya digelar di delapan titik yakni panggung utama di lokasi Kantor Wali Kota Subulussalam. Tujuh titik lainnya masing-masing di komplek Kantor DPRK di Lae Oram, SMA Muhammadiyah Subulussalam, SMP 1 Simpang Kiri, Lapangan Futsal, Lapangan Beringin, Ponpes Hidayatullah dan Aula Setdako lama.

”Semua terus dikebut pengerjaannya, ada yang direhab ada juga bangun baru. Kesiapan  ini, tidak terlepas dari dukungan semua unsur masyarakat Subulussalam,” ujar Salmaza.

Pantauan Serambi di lapangan tampak para pekerja ekstra merampungkan panggung utama yang terletak di kawasan Perkantoran Wali kota Subulussalam Dusun Lae Terutung, Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri, Subulussalam. Selain panggung atau tribun utama, juga terlihat pekerjaan jalan dua jalur menuju kantor wali kota yang kini tahap penimbunan.

Pengerjaan sejumlah sarana MTQ terlihat dikebut untuk mengejar penyelesaian pekerjaan  dengan tenggang waktu yang tinggal sebulan lagi.

Seperti diberitakan, Pemko Subulussalam yang merupakan daerah paling bungsu di Aceh terpilih sebagai tuan rumah MTQ ke 31 tingkat provinsi Aceh. Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Aceh Nomor: 451.15/292/2012 Tanggal 19 April 2012 yang ditandatangani Penjabat Gubernur Aceh ketika itu, Tarmizi Karim.

Terpilihnya Subulussalam sebagai tuan rumah kegiatan MTQ setelah menyisihkan tiga kabupaten lainnya yang turut ditinjau tim yakni Banda Aceh, Sabang, dan Pidie Jaya.

Dalam SK Gubernur Aceh juga ditetapkan cabang dan golongan yang akan diikutkan dalam MTQ Aceh XXXI Tahun 2013. Untuk cabang tilawatil Quran golongan yang akan diperlombakan cabang tartil (anak-anak, remaja, dan dewasa). Cabang hafizh golongan 1 juz, tilawah 5 juz, tilawah 10 juz, 20 juz, dan 30 juz.

Berikutnya, cabang fahmil dan cabang syarhil (grup), cabang khath diikuti golongan penulis buku, hiasan mushaf, dekorasi, dan kontemporer. Juga diperlombakan musabaqah menulis ilmiah Alquran (M2IQ) (Serambi)

Comments

comments

0 comments

Other articlesgo to homepage

Mahasiswa FH Unsyiah Tenggelam di Lampuuk

Mahasiswa FH Unsyiah Tenggelam di LampuukComments Off

Seorang remaja yang masih berstatus mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Unsyiah bernama Urun Syahputra (23) tenggelam dan hilang saat mandi-mandi di Laut Lampuuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, sekitar pukul 15.30 WIB, Rabu (15/5/2014). Informasi dari abang korban, Azmin Rahmatillah sebagaimana dikutip relawan RAPI di lokasi kejadian menyebutkan adiknya yang bernama Urun Syahputra hilang saat mandi-mandi di

Menteri Pertanian RI sedang menikmati Canai Durian khas Aceh di Banda Aceh

Menteri Pertanian RI sedang menikmati Canai Durian khas Aceh di Banda AcehComments Off

Banda Aceh (21/12).Suswono, MENTERI PERTANIAN RI sedang menikmati Canai Durian khas Aceh disalah satu warung kuliner Masakan khas Aceh di Banda Aceh. “saya PKS, Pecinta Kuliner Sedap”, candannya kepada pemilik warung dan disertai tawa pengunjung lainnya.   Comments comments

Atasi Banjir Aceh Timur,  Program 100 Hari Bupati Harus Tetap Berlanjut

Atasi Banjir Aceh Timur, Program 100 Hari Bupati Harus Tetap BerlanjutComments Off

salamberita.com, Banda Aceh, Mahasiswa Aceh Timur yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Pelajar Aceh Timur (IPPAT) Banda Aceh mengaku prihatin dengan Aceh Timur yang selalu menjadi langganan banjir pada titik yang sama seperti tahun kemarin, banjir yang menimpa beberapa kecamatan di Aceh Timur terjadi saat debit air hujan meningkat akibat perluasan sungai yang belum maksimal, karena

Pendangkalan Aqidah Marak, Pemerintah Aceh Tambah Dai Perbatasan

Pendangkalan Aqidah Marak, Pemerintah Aceh Tambah Dai PerbatasanComments Off

Upaya-upaya misionaris melakukan pendangkalan aqidah umat Islam semakin gencar di provinsi Aceh, bahkan Aceh disebut-sebut sebagai daerah tujuan misionaris di Indonesia, sasaran dari misionaris ini adalah warga muslim diperbatasan Aceh. Untuk mencegah hal itu Pemerintah Aceh melalui dinas Syariat Islam provinsi Aceh telah melakukan berbagai upaya, diantaranya adalah dengan menempatkan dai diperbatasan Aceh, bahkan pada

Gerakan Indonesia Baru Tolak Wali Nanggroe

Gerakan Indonesia Baru Tolak Wali NanggroeComments Off

Salamberita.com, BANDA ACEH – Tidak kurang 200 demonstran yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Baru (GIB) menyatakan penolakannya terhadap keberadaan Wali Nanggroe (WN) dan Qanun Bendera Bintang Bulan di Aceh, dalam unjuk rasa ke Gedung DPRA, Kamis (14/11/2013) siang. Pantauan Serambinews.com, massa yang didominasi tukang becak bersama puluhan kaum ibu yang membawa serta anak-anaknya memulai aksi

read more


Contacts and information

Social networks

Most popular categories

© 2011 SalamBerita.com theme by CV SALAM MEDIA All rights reserved.