Awas, Diet Terlalu Ketat Bisa Kena Ini

Posted on

salamberita.com–Kalian sedang diet? Hati-hati jika dietnya kebablasan justru bukan tubuh menawan yang didapat, melainkan sakit yang menjurus pada kematian. Salah satunya adalah terkena anoreksi.

Anoreksia sendiri adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan rasa takut yang berlebihan terhadap peningkatan berat badan akibat pencitraan diri yang menyimpang.

Disadur dari alodokter.com, beberapa masalah kesehatan atau bahkan kematian dapat terjadi jika anoreksia tidak segera ditangani. Komplikasi muncul akibat kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, dalam hal ini dari asupan makanan.

Selain anoreksia nervosa, terdapat kondisi serupa yang disebut dengan bulimia nervosa. Beberapa penderita anoreksia lanjut mengalami bulimia.

Pengidap bulimia biasanya makan sebanyak-banyaknya sebelum mereka mengeluarkannya kembali dengan cara dimuntahkan atau mengonsumsi obat pencahar.

Contoh-contoh komplikasi yang dapat muncul akibat anoreksia di antaranya adalah anemia, ketidakseimbangan cairan elektrolit, konstipasi, penurunan tekanan darah dan tingkat pernapasan, detak jantung tidak teratur, dan bahkan gagal jantung. Pengidap anoreksia juga terancam menderita kerusakan pada hati, ginjal, dan otak.

Pada anak-anak dan remaja, anoreksia dapat menghambat perkembangan fisik. Pada orang dewasa, khususnya wanita, kondisi ini dapat menyebabkan osteoporosis, gangguan menstruasi, dan kemandulan. Sedangkan pada pria dewasa, anoreksia dapat menyebabkan impoten dan disfungsi ereksi.

Seorang wanita hamil yang mengidap anoreksia berisiko mengalami keguguran, melahirkan bayi prematur, melahirkan bayi berbobot rendah, dan terkadang proses melahirkannya harus dibantu dengan operasi cesar.

Oleh sebab itu pasien wanita anoreksia perlu dipantau secara berkala oleh dokter sejak masa kehamilan maupun setelah melahirkan. Apabila sudah sembuh pun, pengawasan harus dilakukan kembali apabila wanita tersebut hamil kembali karena potensi anoreksia untuk kambuh cukup besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *