Dilecehkan Pemain Bola, Via Vallen Dapat Dukungan dari Netizen dan Tokoh Publik

Posted on

Via hanya ingin memberi pelajaran ke Marko bahwa tindakannya itu tidak pantas. Di sisi lain penyanyi yang mulai naik daun ini juga mengimbau agar para perempuan Indonesia tidak tinggal diam jika diperlakukan seperti itu.

Kasus ini nampaknya juga membuat sejumlah publik figur buka suara. Salah satunya adalah Ernest Prakasa. Sutradara sekaligus komedian ini melalui akun Instagram-nya, meminta agar para netizen untuk tidak menganggap remeh pelecehan seksual di media sosial.

Baca juga : Menjelang Ajalnya, Tubuh Wanita Cantik Ini Nampak Seperti Mayat Hidup

Ernest mengaku gerah dengan kata-kata warganet yang menganggap kasus yang dialami oleh Via Vallen itu dibesar-besarkan atau lebay. Baginya, keberanian Via menguak kasus tersebut ke muka publik justru adalah satu langkah baik agar tindak pelecehan seksual tidak terjadi lagi di kemudian hari.

“Teman-teman, kekerasan seksual itu ada tingkatannya, dan tingkatan terendah dimulai dari celetukan-celetukan ringan. Bersikap permisif sama aja memberi ruang bagi tindakan yang lebih parah. Mari beri dukungan agar banyak korban yang berani bicara, bukan justru membuat mereka bungkam,” tulisnya, Rabu (6/6/2018).

Ujaran Ernest beralasan. Sebab berkaca dari kasus pelecehan seksual di industri perfilman di Hollywood. Adapun salah satu pelakunya adalah Harvey Weinsten. Setelah skandal Harvey terkuak, pria itupun dijerat hukum.

Selain itu gerakan dengan tagar #MeToo dan #Time’sUp juga sudah mewarnai industry perfilman Hollywood dalam beberapa tahun terakhir. Para seniman perempuan di sana dirangkul agar berani mengungkapkan pelecehan seksual yang telah terjadi kepada mereka.

Tak hanya Ernest saja. Publik figur lain yakni Ussy Sulistiawaty juga bersuara. Menurutnya bila terbukti oknum yang diduga pesepakbola itu bersalah, layaknya diberi hukuman setimpal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *